Home » Uncategorized » laporan tes kebugaran

laporan tes kebugaran

Start here

Advertisements
  1. I.         TopikPraktikum            : “TesKebugaran
  2. II.      TujuanPraktikum         :
  3. UntukmengetahuiBeratBadan Ideal padamahasiswa
  4. Untukmengetahuidenyutnadisebelumdansesudahkegiatan.
  5. Untukmengetahuikebugaranfisikmahasiswa.
  6. Untukmengetahuitingkatkesehatanmahasiswa
  7. III.   DasarTeori

Kebugaran berasal dari kata bugar yang didefinisikan sebagai suatu keadaan kondisi fisik seseorang dimana ia mampu beradaptasi terhadap pembebanan fisik tanpa kelelahan. Kebugaranjasmanidinyakatandengan CO2 maksimal yang menggambarkanseberapabaikseseorangmengambiloksigendariatmosferkedalamparu-parudankemudiandarah, lalumemompanyamelaluijantungkeotot yang bekerja, dimanaoksigenoksigendigunakanuntukmengoksidasikarbohidratdanlemakuntukmenghasilkanenergi.

Denyutnadidihitungdenganmerabapergelangantanganmengunakanjaritelunjukdanjaritengah.Denyutnadimaksimal yang dapatdicapaiadalah220 minus umur (dalamtahun).Sebaiknyakitaberlatihsampaidenyutnadiantaradaridenyutnadimaksimal(idealnya 72-87%).Bilanganantara 70-85% denyutnadimaksimaldisebut target zone ataujonalatihan. Agar latihanadapengaruhnyaterhadapjantungdanperedarandarah, sebaiknyalatihandilakukanhinggamencapaizonalatihandanterusdiusahanaberadadalam zone itu paling sedikit 20-45 menit.Frekuensi paling sedikit 3 kali  dalamseminggu. Bagi yang kegemukan bias 5 – 6 kali seminggu

Pengertiankebugaranjasmanimenurut Prof. Sutarmanadalahsuatuaspekfisikdankebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberikesanggupankepadaseseoranguntukmenjalankanhidup yang produktifdandapatmenyesuaikandiripadatiappembebananfisik (physical stress) yang layak.

Manfaatkebugaranjasmanibagitubuhantara lain. Manfaatkebugaran jasmanibagitubuhantara lain dapatmencegahberbagaipenyakitsepertijantung,pembuluhdarah, danparu-parusehinggameningkatkankualitashidupsecarakeseluruhan.Denganjasmani yang hugar, hidupmenjadisemangatdanmenyenangkan. Kebugaranjasmanitidakhanyamenggambarkankesehatan, tetapilebihmerupakancaramengukurindividumelakukankegiatannyasehari-hari.Ada 3 halpentingdalamkebugaranjasmani, yaitu :1. Fisik, berkenaandenganotot, tulang, danbagian lemak.2.Fungsi Organ, berkenaandenganefisiensisistemjantung, pembuluhdarah, danpernapasan (paru – paru).3.ResponOtot, berkenaandengankelenturan, kekuatan, kecapatan, dankelemahan.Berdasarkankonsepkebugaranjasmanitersebut, makakebugaranjasmaniyangdibutuhkanuntuksetiap orang sangatberbeda, tergantungdarisifattantanganfisik yang dihadapinya. Contohnya, seorangkuli yang setiapharibekerjamemanggulbarang-barangberat, makaiaharusmemilikikekuatanotot, anaerobic power, dayatahan, dansebagainya yang lebihbaikdaripadaseorangpekerjakantor. Pekerjakantortidakbanyakmengurastenaga, iahanyamembutuhkanbuku-bukudarimejakerakbukuataumenekantombol keyboard computer. Dengandemikiantingkatkebugaranjasmani yang merekanmilikidanmerekabutuhkansangatberbeda.Kerjafisikataupunlatihandalamjangkapendekmisalnyakurangdari 5 menit, belummutlakmemerlukanpembakarandenganterusberlangsungmelaluipembakarandenganoksigen.

Dengandemikian, jantung, peredarandarah, danparu-paru (alatpernapasan) harusgiatbekerjauntukmenyalurkanoksigenkebagian-bagiantubuhyang aktifbekerja.Jadi, gerakkerjaataupunlatihan yangcukup lamakerjajantung, peredarandarah, danparu-parusehinggadapatmenghasilkanperubahankearah yang lebihbaikdarikeadaandayatahantubuh.

  1. IV.   Alat Dan Bahan

No

Alat

Bahan

1

2

3

Stop Wacth

Perlengkapanalattulis

Lembar tes kebugaran

Manusia

(Praktikan)

  1. V.      Cara Kerja
    1. Menghitung BBI (BeratBadan Ideal) dengancaraperhitungan yang telahditentukan LKPD yang telahdiberikan.
    2. Menghitungdenyutnadisebelummelakukankegiatanselama 1 menit.
    3. Melakukanpemanasan ± 5menit.
    4. Melakukankegiatanolah raga berlariselama 10 menit!.
    5. Hitunglahberapadenyutnadi yang terjadisetelahberlaridalam 10menit!


 

  1. VI.   Data HasilPengamatan

Nama

Umur

(thn)

JK

(L/P)

BB

(Kg)

TB

(cm)

BBN

(Kg)

BBI

(Kg)

BMI

NadiPra

Nadi

pasca

TZ 72%-87%

TES KESEHATAN

Nama                                     : Anang Aria

JenisKelamin                          : Laki-laki

BeratBadan (BB)                   : 76 kg

TinggiBadan (TB)                  : 175 cm

Tensi                                      : 120/80

Denyutjantungpra                  : 87

Denyutjantungpasca              : 107

Beratbadan Normal (BBN)

TB(dalam cm) – 100

                           = 175-100

= 75

BeratBadan Ideal (BBI)

BBN – ( 10% x BBN)

  = 75-(10% x 75)

                            = 67,5

T-Zone (TZ)

 (220 – Usia) x 72% – 87 %

TZ Min=  (220 – Usia) x 72% = 143,28

TZ Max=  (220 – Usia) x 87% = 173,13

Indeks Massa Tubuh (BMI), (TB dalam Meter)

BMI = BB/TB2
=  76/1,752

                                                           = 24,84

Kategori

BMI (Kg/m2)

Resiko

Under weigh

< 18,5 kg/m2 Rendah (tetapiresikoterhadapmasalah – masalahklinis lain meningkat).

Batas normal

18,5 – 22,9 kg/m2 Rata-rata

Over weigh

≥ 23 kg/m2

At Risk

23,0 – 24,9 kg/m2

Meningkat

Obese I

25,0  – 29,0 kg/m2

Sedang

Obese II

≥ 30,0 kg/m2

 Berbahaya

VII.Pembahasan

Padapraktikumkali iniyaitupercobaantentang “TesKebugaran” yang manabahanpercobaannyaadalahkebugarantubuhsendiri.Sebelummelakukanteskebugaranpertama-tama kami mengisi data baikitunama, jeniskelamin, beratbadan, tinggibadan, tensi, denyutnadipradan yang terakhirdenyutnadipasca. Untukmenghitungdenyutnadipascaitudilakukansetelahmelakukankegiatanolah raga (lari) selama 10 menit.

Sebelummelakukanpercobaaninipertamamenimbangberatbadan, yangmanaalatpenimbangnyasudahdisediakanolehasistendilapangan.Setelahditimbangberatsayamencapai76 kg.setelahselesaidilanjutkanuntukmenghitungdenyutnadiPra. UntukmenghitungdenyutnadiPraselama 1 menitadaberapadenyutan, Denyutnadidihitungdenganmerabapergelangantanganmengunakanjaritelunjukdanjaritengah.Dalam 1 menitdenyutnadisayamencapai87denyutan.Padapercobaanteskebugaranini kami melakukanpemanasanselama 10 menit yang di bimbingolehteman kami dengangerakansenam.Setelahselesaipemanasan kami melakukankegiatanolah raga lariselama 10 menittujuanlariiniadalahuntukmengetahuidenyutnadipasca.Setelahmelakukanolahragalariselama 10 menit kami langsungmenghitungdenyutnadiPascaselama 1 menitadaberapadenyutan, Denyutnadidihitungdenganmerabapergelangantanganmengunakanjaritelunjukdanjaritengah. Dalam 1 menitpadadenyutnadipascaitumencapai 140 denyutan.Jadi saat sebelum melakukan olahraga frekuensi jantung hanya 87 denyutan setelah melakukan olahraga lari selama 10 menit frekuensi jantung meningkat menjadi 107 dalam 1 menit.

Setelah data didapatkan, selanjutnyamengitungBeratBadan Ideal (BBI), tetapisebelumitumengitung

Dengan melakukan olahraga lari kita dapat menentukan indeks kesanggupan badan sesorang dalam melakukan aktivitas otot. Melalui cara penghitungan yang telah dijelaskan diatas terlihat dengan jelas bahwa indeks massa tubuh sangat bergantung dari lamanya seseorang melakukan olahraga dan ferkuensi denyut jantung segera  setelah melakukan kegiatan tersebut.

Untuk nilai BMI yang telah diperhitungkan nilainya didapatkan 24,69 sehinga dalam katagori tabel pengamatan termasuk kedalam ketegori At Riskdengan resiko meningkat.

Setiap orang memerlukansejumlahlemaktubuhuntukmenyimpanenergi, sebagaipenyekatpanas, penyerapguncangandanfungsilainnya.Rata-rata wanitamemilikilemaktubuh yang lebihbanyakdibandingkanpria.Perbandingan yang normal antaralemaktubuhdenganberatbadanadalahsekitar 25-30% padawanitadan 18-23% padapria.Wanitadenganlemaktubuhlebihdari 30% danpriadenganlemaktubuhlebihdari 25% dianggapmengalamiobesitas.Seseorang yang memilikiberatbadan 20% lebihtinggidarinilaitengahkisaranberatbadannya yang normal dianggapmengalamiobesitas.

Karena ketika pasca olahraga selama 10 menit merasa kelelahan maka dapat dikatakan bahwa kondisi fisik saya tidak bugar dan memiliki resiko yang meningkat untuk hal kondisi kesehatannya, maka oleh sebab itu perlu menjaga kondisi tubuh dan berusaha selalu berolahraga yang teratur sehingga dapat mencapai kebugaran yang ideal atau normal.

 

  1. VIII.  Kesimpulan

 

Dari pembahasan yang telah kami uraikan tersebut dapat kami tarik kesimpulan bahwa :

  1. Untuk BeratBadan Ideal (BBI) itu di dapatakan hasilnya 70
  2. Denyut nadi sebelum kegiatan87 denyutan /menit dan setelah melakukan olahraga lari selama 10 menit frekuensi jantung meningkat sehingga denyut nadi menjadi 107/menit..
  3. Karena ketika pasca olahraga selama 10 menit merasa kelelahan maka dapat dikatakan tidak bugar
  4. Untuk nilai BMI yang telah diperhitungkan nilainya didapatkan 24,84 sehinga dalam katagori tabel pengamatan At Risk resiko meningkat sehingga perlu melakukan diet agar menjadi ideal (normal).

  1. IX.   Saran

Usahakan agar kita selalu melakukan olahraga secara teratur agar frekuensi jantung dan peredaran darah dapat normal serta dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani kita.

DAFTAR PUSTAKA

Champbell, N.A,dkk.2002. “Biologi”.EdisilimaJilidsatu. Erlangga:Jakarta

http://mutiararosa15.blogspot.com/2011/01/laporan-individu-praktikum-biologi.html diakses: 20-05-2012

Jasin,Maskoeri.1989. “BiologiUmumUntukPerguruanTinggi”. BinaPustakatama:Surabaya

Krisdianto, dkk. 2005. Penuntun Praktikum Biologi Umum. Banjarbaru: FMIPA Universitas Lambung Mangkurat.

Simbolon, Hubu, dkk. 1989. Biologi Jilid 3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

downlod laporan kebugaran.doc

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: